Rekomendasi Wisata di Kabupaten Wonogiri Terbaru 2022

Berada di bagian tenggara Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Wonogiri menyimpan sejuta kekayaan alam yang lengkap mulai dari pegunungan hingga pesisir pantainya. Banyaknya jenis bebatuan kapur di wilayah ini juga menjadi daya tarik tersendiri sehingga dikemas menjadi tempat-tempat wisata menarik bagi para wisatawan. Ada beragam jenis wisata yang bisa anda jumpai di Wonogiri. Mulai dari wisata pantai, air terjun, bukit, goa, hingga waduk bisa anda jelajahi saat berkunjung ke Wonogiri.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini kami informasikan 10 tempat wisata hits dan populer di Wonogiri.
  • Waduk Gajah Mungkur 
Dari dulu Wonogiri memang terkenal dengan Waduk Gajah Mungkurnya, bahkan waduk ini juga menjadi salah satu ikon wisata dari kota ini. Waduk Gajah Mungkur berlokasi di Godean, Sendang, kecamatan Wonogiri. Dinamakan waduk gajah mungkur karena lokasi waduk ini tidak jauh dari Pegunungan Gajah Mungkur yang berada di sebelah barat waduk. Selain berfungsi untuk pengairan, waduk yang dibuat dengan membendung sungai Bengawan Solo ini juga menjadi tempat wisata menarik bagi para wisatawan. Beberapa fasilitas yang tersedia di antaranya yaitu naik jetski atau boat untuk mengelilingi waduk, spot-spot foto menarik, atau sekedar memancing di area yang sudah disediakan.
  • Pantai Nampu 
Berbatasan langsung dengan Samudra Hindia di bagian selatannya, ada banyak wisata pantai di Wonogiri. Salah satu yang terkenal yaitu pantai Nampu yang berlokasi di desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri. Pantai Nampu merupakan destinasi wisata pantai unggulan dan favorit bagi masyarakat Wonogiri dan sekitarnya. Ciri khas dari pantai ini yaitu memiliki dataran pantai berpasir putih yang landai dengan tebing-tebing karang yang berada di sisi sebelah baratnya. Deburan ombak yang beradu dengan dinding-dinding karang tersebut juga semakin menambah keeksotisan dari pantai ini. Pantai ini sangat cocok untuk mengisi liburan wisata anda bersama keluarga tercinta.
3. Puncak Secokro 
Beralih ke wisata pegunungan, kali ini kita menjumpai Puncak Secokro yang berada di Sumberrejo, desa Bakalan kecamatan Purwantoro. Puncak Secokro merupakan tempat wisata berupa menara pandang yang kini sedang cukup hits di kalangan wisatawan. Dari menara pandang ini, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan bukit dengan hamparan alam yang berada di bawahnya. Hijau dan rindangnya pepohonan terasa sangat menyejukan mata dengan hawa udara yang sejuk dan menyegarkan. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin menghilangkan kepenatan sembari menyegarkan pikiran. Tersedia juga beberapa gazebo untuk bersantai sembari berbincang dengan para sahabat.

Paket Tour Raja Ampat

  • Air Terjun Girimanik 
Wisata air terjun juga banyak dijumpai di wilayah Wonogiri, salah satu yang terkenal yaitu air terjun Girimanik di desa Setren, Kecamatan Slogohimo. Air terjun Girimanik merupakan obyek wisata air terjun dengan paket lengkap untuk memanjakan wisatawan yang datang berkunjung. Ada tiga air terjun di kawasan ini, yaitu air terjun Manik Moyo, air terjun Tinjo Moyo, dan air terjun Condromoyo. Tempat wisata ini memang telah dikenal luas sehingga selalu ramai wisatawan saat musim liburan tiba, saat akhir pekan, atau bahkan pada hari-hari biasa. Selain merasakan dinginnya air terjun, wisatawan juga dapat menikmati segarnya udara pegunungan sembari bersantai di bawah rimbunnya pohon pinus yang berada di sekitar lokasi.
  • Bukit Cumbri 
Berlokasi di desa Kapyar, Kecamatan Purwantoro, Bukit Cumbri menawarkan pesona keindahan alam perbukitan yang menawan dengan spot-spot foto yang keren dan instagramabble. Tempat wisata ini sangat cocok bagi anda penyuka tantangan dan penjelajahan. Untuk menuju ke atas bukit, anda mesti berjalan mendaki terlebih dahulu sehingga butuh tenaga dan stamina prima agar sampai ke puncaknya. Adakalanya jalur pendakian licin dan terjal sehingga anda juga mesti berhati-hati saat berjalan. Namun begitu sampai di atas bukitnya, anda akan dibuat terpana dengan indahnya pemandangan alam yang tersaji. Anda juga dapat melihat sunrise dan sunset cantik di tempat ini.
Informasi selengkapnya kunjungi turiz.id